Kamis, 06 Juni 2013

PERSAINGAN PASAR SEMPURNA


1.       Pengertian Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna harus menggambarkan suatu keadaan, dimana penjual dan pembeli tidak dapt memengaruhi harga, sehingga harga pasar benar-benar merupakan interaksai antara permintaan dan penawaraan.

2.       Ciri-ciri pasar persaingan sempurna
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah sebagai breikut.

a.       Terdapat banyak pembeli ,tetapi mereka tidak mampu memengaruhi haga
Harga di pasar di tentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran. Beberapa pun jumlah barang yang di beli oleh konsumen , tidak akan berpengaruh tehadap harga disini.

b.      Terdapat banyak penjual
Seperti halnya pembeli, dan penjual di pasar persaingan sempurna juga tidak mempunyai kekuatan untuk memperngaruhi harga.

c.       Barang dan jasa yang dijual bersifat homogen dan tidak dapat di bedakan.
Semua produk terlihat identik. Pembeli tidak dapat membedakan apakah suatu barang berasal dari produsen A, dan B atau C.

d.      Adanya kebebasan untuk masuk dan keluar dari pasar persaingan sempurna
Jika industri didalam pasar ini mendapat keuntungan yang besar, maka banyak perusahaan-perusahaa baru akan ikut msauk kepasar.

e.      Setiap pihak dapat mengetahui kedaan pasar dengan mudah
Pembeli mngetahui jenis barang dan harga yang dikenakan oleh perusahaan.

f.        Adanya kebebasan untuk mengambil keputusan
Tidak ada kekuatan luar yang bisa mempengaruhi keputusan yang diambil oleh penjual dan pembeli , termaksud dalam hal ini pemerintah. Sebenarnya di dunia nyata sulit mencari contoh pasar persaingan sempurna sesungguhnya.


3.       Peran pasar persaingan sempurna bagi masyarakat
Seblumnya telah jelaskan bahwa harga pada pasar persaingan sempurna bersifat datum. Artinya produsen tidak akan dapat memengaruhi harga dengan cara menambah atau mengurangi produksi. Oleh karena itu harga yang dibentuk di pasar merupakan suatu batas apakah produsen sudah bekerja efektif dan efesien dalam menekan biyaya dan menekan produksi secara optimal. Produsen dengan biyaya diatas harga pasar akan mengalami kerugian. Sebaliknya produsen yang menerapkan teknologi maju, cara kerja baru, dan dapat menekan biyaya seminimal mungkin sehingga dapat memperoduksi dengan harga pokok dibawah harga pasar  akan mendapat keuntungan. Jadi pasar persaingan sempurna mendidik masyarakat melakukan proses produksi secara efisien, sehingga produk yang sampai ke msyaraka adalah produk dengan mutu terbaik dan harga murah.

4.       Kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna
a.       Kebaikan pasar persaingan sempurna
Salah satu ciri pasar persaingan sempurna adalah harga terbentuk berdasarkan interaksi permintaan dan penawaran. Harga menjadi indikator bagi kinerja produsen. Jika produsen memproduksi barang diatas harga pasar maka perusahaan itu akan rugi. Agar dapat bertahan, perusahaan harus memperbaiki kinerja.

b.      Keburukan pasar persaingan sempurna
Pada pasar persaingan sempurna barang yang diperdagang bersifat homogen. Tidak ada keunggulan suatu produk dibandingkan produk lain. Inovasi menjadi terhambat. Ini merupakan keburukan pasar persaingan sempurna.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar