Senin, 27 Mei 2013

KONSUMEN

KONSUMEN
1.)    Pengertian konsumsi
Konsumsi ialah suatu kegiatan yang bertujuan mengurangi atau menghabiskan faedah suatu benda (barang dan jasa) dalam rangka memenuhi kebutuhan. Selain untuk tujuan konsumsi (mengahabiskan kegunaanya), suatu benda juga dipergunakan sebagai benda produksi.

2.)    Ciri-ciri pembagian benda produksi
Untuk melihat apakah pemakai suatu
benda termaksuk kedalam lingkup produksi atau konsumsi. Kita dapat melihat dari beberapa hal yang menjadi ciri-ciri benda konsumsi berkut.
a.              Benda yang dikomsumsi ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Penggunaan cangkul, gergaji dan barang modal lainya yang bertujuan menambah faedah benda tidak dikategorikan dalam kegiatan konsumsi.
b.             Mannfaat, nilai, ataupun volume benda-benda yang digunakan tersebut akan habis sekaligus atau berangsur-angsur.
Atas dasar habis tidaknya suatu benda pada saat dikonsumsi, benda konsumsi dapat dibedakan sebagai berikut.
a.              Baenda yang habis dalam sekali pemakaian. Contohnya adalah makanan, minuman, dan obat-obatan.
b.             Benda yang yang pemakainya berulang-ulang atau, pemakainya dalam waktu relatif lama. Contohnya adalah baju, sepatu, tas, sapu.

3.)    Tujuan Kegiatan Konsumsi
Tujuan kegiatan ekonomi adalah untk memenuhi kebutuhan fisik secara langsung. Contoh : makan, minum , berpakaian. Sedangkan menonton TV atau piknik adalah untuk memenuhi kebutuhan rohani. Kedua jenis kebutuhan tersebut dipenuhi secara langsung oleh benda konsumsi. Artinya ,benda konsumsi tersebut secara langsung digunakan untk memenuhi kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar