Senin, 27 Mei 2013

PERMINTAAN

PERMINTAAN

1.       Pengertian permintaan
Adalah keinginan yang disertai oleh kemampuan untuk membeli barang dan jasa pada tingkat harga dan waktu tertentu. Ada 3 hal penting yang berkaitan dengan konsep permintaan ini. Pertama , kuantitas yang diminta merupakan kuantitas yang diinginkan. Kedua , keinginan konsumen berdasarkan harga barang dan jasa tersebut. Dan yang ketiga ,kuantitas yang diminta dinyatakan dalam satuan waktu.

2.       Hukum Permintaan
Ada beberapa faktor yang menentukan basarnya permintaan. Di antaranya adalah harga barang dan jasa itu sendiri, harga barang dan jasa lain, pendapatan selera , juga jumlah penduduk. Akan tetapi kita juga tidak bisa memahami pengaruh semua variabel tersebut sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Oleh karena itu, untuk memudahkan analisis ,para ekonom biasanya memisahkan faktor-faktor tersebut dengan menganalisis secara terpisah.

3.       Kurva Permintaan
Definisi yang terkandung dalam hukum permintaan di atas akan lebih jelas kita pahami jika kita mengilustrasikan ke dalam sebuah tabel dan kurva permintaan. Namun sebelumnya , kita perlu memahami terlebih dahulu pengertian dari istilah kuantitas yang diminta (quantity demanded), tabel permintaan (demand schedule), dan kurva permintaan(demand curve).

4.       Pergeseran kurva permintaan
Ada banyak faktor lain yang yang juga dapat mempenagruhi permintaan barang dan jasa. Di antaranya adalah harga barang pengganti (sibtitusi), pendapatan ,jumlah penduduk, dan selera. Pengaruh yang diakibatkan oleh perubahan faktor-fator ini terhadap permintaan adalah bergesernya kurva ke kanan  atau ke kiri.  Berikut ini kita akan membahas faktor-faktor apa saja yang mempenagruhi permintaan dan menybabkan kurva permintaan bergeser ke kanan atau ke kiri.

a.       Harga barang komplementer dan barang subtitusi.
Misalkan harga bush jeruk tiba-tiba melambung tinggi. Ana, Arman, dan Anita mungkin akan mengurangi atau bahkan menghenitikan pembelian jeruk dan berlalih ke apel. Karena itu, kuantitas permintaan apel meningkat , meskipun harga apel tidak berubah . kurva permintaan apel akan bergeser ke kanan. Jadi, pada barang subtitusi , penignkatan harga suatu barang akan mengakibatkan penigkatan permintaan barang lain yang menjadi subtitusinya.

b.      Jumlah pendapatan
Ketika pendapatan meningkat , konsumen cenderung meningkatkan konsumsi mereka terhadap berbagai barang dan jasa (menggeser kurva  permintaan ke kanan). Sebaliknya ketika pendapatan menurun, kosumen cenderung menurunkan pembelanjaanya terhadap berbagai barang dan jasa ( menggeser kurva permintaan ke kiri).

c.       Jumlah karakteristik
Jumlah kosnsumen aka mempengaruhi kuantitas total barang dan jasa yang akan dikonsumsi. Oleh karena itu, semakin besar jumlah penduduk semakin besar pula permintaan barang dan jasa.

d.      Perubahan tradisi , mode , dan selera masyarakat
Selera yang berubah juga dapat mengakibatkan perubahan permintaan. Sebelum atap genteng populer , masyarakat masih banyak yang menggunakan atap seng. Namun , pada saat masyarakat semakin menyenangi atap genteng. Akibatnya  , permintaan genteng naik. Sebaliknya permintaan atap seng menurun.

e.      Perkiraan dan harpan masyarakat
Perkiraan harapan juga dapat mempengaruhi permintaan. Ketika krisis ekonomi mulai melanda negara di tahun 1977, siutasi ekonomi menjadi kurang menentu. Banyak masyarakat yang kuwatir dan memperkirakan bahwa resesi akan berkepanjangan.

f.        Hari raya keagamaan
Pada hari natal, permintaan terhadap pohon natal kaset lagu-lagu rohani, kue-kue natal, atau berbagai barang suvernir ,akan menignkat tajam. Begitu pula pada saat hari raya Lebaran, permintaan terhadap ketupat, daging sapi, kue-kue, juga meningkat tajam.

g.       Kondisi sosial dan ekonomi
Pada saat kondisi keamanan kacau , permintaan terhadap makan dan senjata tajam mungkin meningkat. Toko-toko dan perkantoran meningkatkan tenaga keamanan mereka. Begitu pula dengan penduduk yang berpendaptan tinggi.

5.       Fungsi permintaan
Fungsi permintaan adalah fungsi yang menunjukan hubungan antara harga barang dan jasa .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar