Senin, 27 Mei 2013

HARGA KESEIMBANGAN

HARGA KESEIMBANGAN

                Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan  antara pembeli dan penjual . namun demikian , kedua belah pihak pada dasarnya memiliki taksiran yang berbeda-beda terhadap harga sebua barang dan jasa yang di perjual belikan di pasar. Berdasarkan subjeknya : pembeli du pasar dapat di kelompokan menjadi sebagi berikut.

a.       Pembeli marjinal
Pembeli marjinal ialah pembeli yang yang harga taksirannya sama dengan harga pasar, maka yang disebut pembeli marjinal adalah pembeli yang harga subjektifnya sebsar P , yaitu harga yang
sama dengan harga keseimbangan atau harga pasar.

b.      Pembeli supermarjinal
Pembeli supermarjinal ialah pembeli yang harga taksirnya melebehi harga pasar. Mereka merasa bahwa harga barang yang di bayar terlalu murah.

c.       Pembeli submarjinal
Pembeli submarjinal ialah pembeli yang harga taksirnya dibawah harga pasar .

Berdasarkan harga ialah subjektifnya, penjual di pasar dapt dikelompokan menjadi sebagi berikut.

a.       Penjual marjinal
Penjual marjinal ialah penjual yang harga sama dengan harga yang ada di pasar. Untuk menjual mereka menunggu harga naik supaya dapt keuntungan.

b.      Penjual supermarjinal
Penjual supermajirnal ialah penjual yang harga pokoknnya di bawah harga pasar . harga pasar itu bagi mereka menguntungkan karena harga pokok mereka lebih murah dari ayau dibawah harga pasar.

c.       Penjual submarjinal
Penjusl submarjnal ialah yang harga pokoknya  di atas harga pasar. Unutk menjual mereka menunggu kenaikan harga setelah itu baru mereka menjual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar